Senin, 26 Maret 2012

Kiat: Selalu OBAT !

Pembaca yang budiman, untuk mengatasi sakit skizofrenia kita adalah mutlak kita memerlukan obat. Pengalaman saya menunjukkan hal ini. Pada akhir tahun 1989 saya pertama kali menderita skizofrenia ini, di usia saya yang 22 tahun. Saya dirawat sekitar dua bulan. Setelah sembuh periode ini, oleh dokter saya tidak diberikan obat. Saat itu saya mengambil cuti kuliah di TU Delft dan istirahat di Indonesia selama setahun. Setelah cuti habis, saya kembali ke Belanda untuk kuliah pada akhir tahun 1990. Benar saja, 7 bulan kemudian saya sakit lagi. Kemudian saya pulang ke Indonesia untuk berobat selama sebulan. Alhamdulillah skemudian  saya sembuh dan berangkat ke Belanda lagi. Oleh dokter tidak di beri obat karena saya cepat pulih. Namun setahun kemudian kuliah di Belanda itu saya sakit lagi. Akhirnya saya harus makan obat terus menerus selama hidup sejak Oktober 1992 sampai sekarang. Obatnya adalah Promactil/CPZ 100mg, Artane/THP 2mg, dan stelazine 5mg. Obat itu saya makan sampai tahun 2006. Alhamdulillah dengan obat itu saya bisa seminar dan training di Jepang selama setahun (1999) dan mengambil S2 di Jepang tahun 2003-2005 semua dengan biaya Pemerintah Jepang. Kemudian setelah lulus S2 saya langsung melanjutkan ke S3. Namun ketika baru setahun program S3, saya mengambil keputusan salah. Karena harus berada di lab mengerjakan eksperimen kimia dari jam 09:00 s/d 23:00 malam untuk menjalankan kegiatan riset doktoral itu, saya menguanrgi dosis obat. Promactil yang harus saya makan 100mg, saya kurangi jadi 25mg, dengan tujuan mencukupkan diri tidur hanya 4 atau 5 jam untuk supaya lebih banyak waktu untuk mengerjakan tugas program S3. Akhirnya: saya sakit skizofrenia paranoid lagi dan pulang ke Indonesia. Di Indonesia saya diberi obat Promactil/CPZ 100mg, Artane/THP 2mg dan obat baru: Haloperidol 5 mg dan Amytripthylene 25mg. Namun obat-obat ini masih menyisakan perasaan tumpul dan kurang fokus. Akhirnya kemudian saya diberi obat generasi baru, yaitu: Risperidone 25mg, Artane/THP 2mg dan Luften 25mg. Dengan obat ini saya menjadi lebih baik. Kemudian ditambah kehadiran seorang bayi laki-laki Yang Dianugrahkan Allah SWT kepada saya, sisa perasaan tumpul itu menjadi hilang dan Alhamdulillah saya sembuh dari gangguan skizofrenia ini...Alhamdulillah...    

40 komentar:

  1. Mas Arifal, saya mau tanya terkait skizo, saya di deteksi menderita Skizoafektif, apakah ini termasuk golongan Skizophrenia?,gangguan yang saya derita adalah Video yang menampilkan kesalahan yang pernah saya lakukan, dan ketidaknyamanan perlakuan yang pernah dilakukan orang lain pada saya, jadi saya penuh dendam dan benci sekaligus saya tidak bisa memaafkan diri saya atas kesalahan yang pernah saya lakukan, mood saya hancur seketika, sedih dan merasa sakit perasaan dan selalu ingin bunuh diri (sudah 2 kali melakukan percobaan), interaksi sosial saya juga sangat buruk, saya susah berbaur, susah bersikap ramah,mudah membenci dan mudah stress pada kondisi yang orang lain bisa rileks menghadapinya namun disaya itu seperti provokasi untuk bersikap melawan secara terbuka, rumah tangga saya hancur berantakan, lalu mencoba menjalin hubungan, dan lagi-lagi hancur berantakan karena saya pada saat2 tertentu ingin sendiri saja tanpa ada komunikasi (bisa 1 sampai dgn 3 hari),saat ini saya terapi ke psikiater dengan obat yang pernah dikonsum : Risperidon, Stelazine, Clobazam, Antiprestin, Trihexipenidil dan beberapa yang saya lupa, namun disamping obat itu, saya ingin menanyakan bagaimana cara menjaga interaksi dgn orang2 sekitar, krn saya selalu menarik diri dari keramaian dan selalu dibilang tidak mau bergaul, saya selalu dibilang kasar oleh orang2 terdekat, perlukan mereka tau tentang yang saya derita agar mereka mengerti, pernah saya coba memberitahukan pada orang terdekat, reaksinya malah saya dibilang "penyakit lo sok keren..sok missery"..padahal saya sangat tersiksa setiap kali video itu berputar di kepala saya, saya ingin lebih leluasa dan merasa biasa dalam sebuah komunitas sosial..tidak bereaksi secara berlebihan dan lebih rileks (tidak selalu dlm keadaan stay alarmed),saya pernah melarikan diri ke hutan di gunung merapi sumatera barat selama 2 hari, sendiri saja, karena lelah berinteraksi dengan manusia..Dan apakah penyakit ini bisa membuat kita dipecat dari perusahaan yang mempekerjakan ?,

    terimakasih.

    salam.
    Gal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Gal yang saya hormati, terlebih dahulu saya mohon maaf karena baru sekarang baca tulisan Mas Gal. Mengenai Schizoafektif keterangannya ada dibawah tulisan saya ini yang saya ambil dari http://www.jurnalmedika.com/component/content/article/370-studi-kasus/747-diagnosis-dan-tata-laksana-gangguan-skizoafektif.
      Saya bagi sharing saya buat Mas Gal ini dalam beberapa kolom komentar karena keterbatasan ruang komentar di blog ini.
      Terlebih dulu saya berpesan kepada Mas Gal: jika ada ajakan atau pikiran untuk bunuh diri, segeralah minta di rawat di rumah sakit. Insya Allah jika dirawat kurang lebih seminggu dan diberi obat yang menyebabkan kantuk oleh dokter, misalnya: Luften, Promactil atau CPZ, Mas Gal jadi banyak tidur dan beristirahat, sehingga hilanglah kekalutan pikiran dan ajakan untuk bunuh diri tersebut.
      Setelah itu menurut pengalaman saya, yang paling pokok dari masalah Mas gal adalah mengatasi mood yang selalu berubah-rubah. Jika mood Mas gal baik, selalu senang dan bahagia, maka Mas Gal akan dapat menikmati hidup, bekerja secara happy dan merasa senang dan enjoy bergaul dengan orang lain dan bergaul masayarakat sekitarnya.

      Sesuai pengalaman saya, maka cara yang berhasil untuk membuat mood selalu senang, mantap, dan happy serta enjoy adalah dengan:

      1. Pertama dan terutama sekali adalah minum obat yang diberikan dokter. Adapun saya sendiri selalu minum obat, Insya Allah sampai meninggal nanti. Obatnya adalah: jika mau tidur CPZ dan Amytriptilin. Ketika pagi hari: Risperidone, Depakote, dan THP ( trihexylphinidil. Obat ini membantu saya menjadi nyaman dan Alhamdulillah bisa bekerja sehari-hari sebagai PNS.

      2. Kemudian kiat selanjutnya adalah didalam hati sering bercakap-cakap dan mengobrol serta curhat kepada Allah tercinta. Di dalam hati, semuanya diobrolkan dan dikomentarkan kepada Allah, walaupun kita tentu saja tidak dapat jawaban jika bicara seperti kepada manusia. Semuanya kita obrolkan, sampaikan, komentarkan kepada Allah, baik untuk mau bangun tidur, mau sholat, mau bekerja, melihat orang di sekeliling, menyiapkan tugas kantor, persiapan berkomunikasi dengan orang, rekan sekerja atau atasan, atau lainnya. Ini saya lakukan setiap detik. Sehingga saya jadi mempunyai perasaan yang senang, lega dan bahagia karena tiap detik merasa bersama Allah. Hal ini kita lakukan tiap detik, karena kita penderita skizoafektif itu mood-nya sangat cepat sekali menjadi murung, sedih, stress, depresi, merasa susah dan sebagainya. Untuk Mas Gal cobalah obrolkan dan curhat-kan (walau secara sepihak, kita saja yang ngomong dalam hati) kepada Allah masalah-masalah yang Mas Gal rasakan seperti Video yang menampilkan kesalahan yang pernah di lakukan, dan ketidaknyamanan perlakuan yang pernah dilakukan orang lain pada Mas Gal, tentang masalah rumah tangga, tentang usaha untuk menjalin hubungan baru. Komunikasikanlah dalam hati kepada Allah semua masalah tersebut dan masalah lainnya, sehingga Mas Gal menjadi lega, tenang dan nyaman. Jika Mood mas Gal baik dan senang, maka Mas Gal akan mudah "mengenyahkan" dan menyingkirkan pikiran tentang video yang menampilkan kesalahan tadi, serta "mencuekan" video tersebut. Juga jika mood Mas Gal baik dan senang, maka akan mudah melupakan dan memaafkan perlakuan jahat orang lain tersebut, karena mood senang membuat hati akan luas dan tidak sempit, serta lebih senang memikirkan hal-hal yang menyenangkan saja.

      Hapus
    2. . Berusahalah Mas Gal mempunyai hobi. Saya sendiri disamping berkomunikasi dengan Allah Tercinta seperti disebutkan diatas, saya punya hobi yang membuat mood saya insya Allah selalu baik dan enak, yaitu saya sering bermain game baik PS2 maupun PC Game. Saya main game setelah bekerja mengerjakan pekerjaan kantor. Kadang saya bagi waktu, siang bekerja sebagai PNS, dan malamnya waktu buat main game setelah berinteraksi dengan keluarga, dan jika anak & istri sudah tidur. Kadang saya main game sampai jam sebelas malam. Atau kalau lagi bekerja dan mood tidak enak saya bagi waktu bekerja dan main game dengan perbandingan 45:15, yaitu 45 menit bekerja dan 15 menit main game. Dengan main game ini saya merasakan mood yang enak, dan dengan mood yang enak ini Alhamdulillah saya bisa bekerja mengerjakan pekerjaan kantor dan berinteraksi dengan keluarga, orang lain, dan masyarakat sekitar...

      Penyakit yang Mas Gal derita Insya Allah tidak menyebabkan Mas Gal di pecat, yaitu jika Mas Gal bisa menyelesaikan tugas-tugas pekerjaan yang di berikan kepada Mas Gal. Pertama buatlah selalu membuat mood Mas Gal enak, sehingga bisa bekerja memperoleh uang, sehingga bisa pula membeli obat2 skizofrenia yang kita butuhkan serta memenuhi keperluan lainnya dan keperluan membeli peralatan untuk melaksanakan hobi Mas Gal.

      Disamping hal-hal diatas ini ada tip berikutnya yang saya tulis buat Dr. Isa (dokter yang rutin memberikan obat kepada saya) yaitu saya copy-pastekan disini:
      …Akhirnya setelah mencari-cari dan mencoba berbagai cara dan metode, saya juga temukan bahwa saya Alhamdulillah bisa sembuh dengan melakukan baca-baca di dalam hati kalimat-kalimat Islami berikut ini, yaitu: Asmaul Husna (99 Nama Allah) dan Ayat kursi. Dan dengan mengingat-ingat isi Al Qur’an, serta sering-sering mengucap LA HAULA WALA QUWWATA ILA BILLAH (Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan ALLAH). Hal ini saya lakukan setiap saya resah. Saya lakukan jika saya melaksanakan kerja yang berat di kantor, serta juga saya lakukan setiap saya mendapati sesuatu hal yang menyusahkan hati dan pikiran.

      Hapus
    3. Asmaul Husna juga saya dengarkan mp3 nya sambil bekerja dengan Laptop. Kalau sedang tidak berada di depan laptop, saya dengarkan mp3 nya dengan handphone. Ada tigas versi mp3 Asmaul Husna yang saya punya. Yaitu Asmaul Husna yang di lantunkan Opick dan dua versi Asmaul Husna mp3 yang lain. Saya dengarkan bervariasi . Sambil mendengarkan mp3 Asmaul Husna itu, saya baca-baca Ayat Kursi dalam hati. Disamping itu saya ingat-ingat kandungan/isi Al Qur’an. Dan jika hati masih susah berat sebagai efek penyakit skizofrenia, saya baca-baca dalam hati kalimat LA HAULA WALA QUWWATA ILA BILLAH (Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan ALLAH).
      Mengenai Asmaul Husna itu, disamping mendengarkan lafadz bahasa Arabnya dengan mp3, saya hafalkan juga arti 99 Nama-nama Allah yang tercinta itu dalam bahasa Indonesia-nya. Saya praktekan arti Asmaul Husna itu dalam kejadian sehari-hari. Begitulah, jika saya lagi butuh uang maka saya menyeru dalam hati:..Yaa Rozzaaq…Yaa Rozzaaq…Wahai Yang Memberi Rezeki… Yaa Ghoniy, Yaa Mughniy….Wahai Yang Maha Kaya, Wahai Yang Memberi Kekayaan…Berilah aku rezeki dan kekayaan….
      Jika jiwa saya merasa lemah maka saya berseru dalam hati: Yaa Qowiyyu…Yaa Matiinu…Wahai Yang Maha Kuat…Wahai Yang Maha Kokoh….Kuatkan dan Kokohkanlah jiwaku ini….
      Jika saya lagi sedih maka saya berseru: Yaa Khaaliq…Wahai Yang Menciptakan…Yaa Badii’u…Wahai Yang Menciptakan…Wahai Yang Menciptakan kesedihan…Angkatlah kesedihan dan kesusahan dalam hatiku ini…Yaa Khaliq…Wahai Yang Menciptakan…Wahai Yang Menciptakan kesenangan dan kebahagiaan…Anugerahkanlah kesenangan dan kebahagiaan dalam jiwaku….
      Demikianlah saya seru 99 Asma Allah sesuai dengan keadaan saya saat itu. (Jadi saya mempunyai 99 “jurus” dalam menghadapi situasi dan keadaan pikiran dan perasaan saya agar menjadi tenang, nyaman dan khusyuk).
      Semua kalimat-kalimat Islami di atas saya baca bervariasi dan berganti-ganti. Jika jiwa dan pikiran saya menjadi tenang, khusyuk dan mantap dengan salah satu bacaan itu, maka saya teruskan membacanya. Jika masih tidak tenang dan nyaman, maka saya ganti dengan bacaan berikutnya.
      Dari Asmaul Husna dan Isi Al Qur’an, Alhamdulillah saya bisa menstabilkan dan menyamankan pikiran. Dari membaca Ayat Kursi dan kalimat LA HAULA WALA QUWWATA ILA BILLAH dalam hati Alhamdulillah saya bisa menstabilkan perasaan dan membuat perasaan saya sehat. Saya jadi mempunyai kesenangan dan ketertarikan dalam mengerjakan sesuatu dalam menjalankan hidup ini. Alhamdulillah tidak lagi tanpa emosi. Tidak lagi dengan emosi datar, dan tidak lagi dengan hati yang murung.
      Isi Al Qur’an yang saya favoritkan adalah Surat Ali ‘Imran (3) ayat 190 dan 191 serta Surat Al A’raaf (7) ayat 180 yang bunyinya sebagai berikut:
      Surat Ali ‘Imran (3):
      190. Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal,
      191. (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.

      Surat Al A’raaf(7):
      180. Hanya milik Allah asmaa-ul husna[585], maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya[586]. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.

      Hapus
    4. Saya ingat-ingat ayat-ayat itu untuk konsumsi pikiran saya. Pada Surat Ali ‘Imran (3) ayat 190 saya membayangkan tentang proses penciptaan langit dan bumi seperti yang disebutkan Teori Big Bang yang diterangkan dalam buku-buku ilmu pengetahuan. Lalu membayangkan, dengan silih bergantinya malam dan siang maka terjadilah kehidupan setiap hari. Kita manusia menjalani kehidupan dari lahir sampai meninggal. Dengan bergantinya malam dan siang kita bangun, beribadah, bekerja mencari nafkah, bertambah usia, menikah, membesarkan anak dan beranjak tua dan lemah. Akhirnya seperti pada ayat 191 kita memahami bahwa Allah Menciptakan ini tidak dengan sia-sia, melainkan dengan tujuan kita beribadah kepada Allah agar setelah meninggal nanti dimasukkan Allah kedalam surga dan dipelihara Allah dari siksa neraka.
      Jika ketiga ayat itu sedang berkurang pengaruhnya dalam melawan skizofrenia, maka saya membaca terjemah Al Qur’an yang lain seperti surat Al Mulk (67) (surat yang melindungi kita dari azab kubur jika dibaca setiap malam), surat Al Waqi’ah (56) (surat yang melindungi kita dari kemiskinan), surat Arrahman (55) (surat yang merupakan pengantin Al Qur’an) dan surat Yaasin (36) (surat yang merupakan jantungnya Al Qur’an).
      Kalau kurang, disamping terjemah surat-surat itu saya baca juga terjemah Juz Amma dan Surat-surat lainnya. Kalau kurang saya tambah lagi dengan membaca huruf Arabnya.
      Alhamdulillah dengan hal semua diatas ini sekarang pikiran dan perasaan saya bisa tenang dan nyaman.
      Saya baru teringat lagi, selama kurun waktu saya sakit dari tahun 1989 sampai 2013 ini saya masih selalu Dilindungi Allah, sehingga walaupun sakit saya bisa lulus Sarjana Teknik Kimia di Belanda pada tahun 1995 dan lulus S2 dari Universitas Yamaguchi di Jepang pada tahun 2005, dan sampai saat ini masih mempunya pekerjaan sebagai PNS. Ini saya yakini berkat do’a kedua Orang tua saya kepada saya. Maka saya berpesan kepada pembaca agar mohonlah do’a kedua Orang tua dalam menjalani hidup ini. Disamping itu, ini mungkin juga dikarenakan saya pagi hari dan sore hari membaca Al Ma’tsurat (kumpulan Dzikir pagi dan sore Rasulullah yang dihimpun oleh Imam Hasan Al Banna, ada sekitar 23 bacaan dzikir pendek dalam Al Ma’tsurat). Alhamdulillah saya senang dan rajin membacanya, terlebih sejak berada di Indonesia kembali sejak tahun 2006 sampai 2013 ini. Buku Al Ma’tsurat yang saya baca yang dibelakangnya ada dicantumkan 99 Nama-nama Allah, Asmaul Husna, beserta arti bahasa Indonesianya itu adalah Al Ma’tsurat terbitan Penerbit Zikrul Hakim. Nomor telponnya adalah (021)-475 4428 dan (021) 475 2434. Harganya cukup murah, yaitu Rp. 4.900,-. Saya sering membelinya di Toko buku Gunung Agung untuk saya bagi-bagikan pada famili dan kenalan saya.
      Fadhilah dan manfaat membaca 23 bacaan dalam Al Ma’tsurat itu saya cantumkan dibawah ini. Fadhilah itu saya kutip dari blog di address: http://catalogjulistira.blogspot.com/2011/03/fadhilah-al-matsurat-sughra.html. Semoga penulis blog nya mengijinkan saya kutip dan semoga Allah SWT memberi pahala yang banyak kepadanya.
      Demikianlah yang saya alami dalam mencoba survive dari penyakit skizofrenia ini. Semoga hal-hal yang saya ceritakan ini ada manfaatnya bagi pembaca…Amin ya Robbal’alamin….

      Puspitek-Serpong, Depok, 14 Februari 2013.
      ing. Arifal, M.Eng.

      Hapus
    5. Dari: http://www.jurnalmedika.com/component/content/article/370-studi-kasus/747-diagnosis-dan-tata-laksana-gangguan-skizoafektif

      Diagnosis dan Tata Laksana Gangguan Skizoafektif.

      Pendahuluan:
      Gangguan skizoafektif, seperti terminologi bahasanya, adalah gangguan yang mempunyai dua sisi, yaitu gejala skizofrenia dan gejala afektif atau mood. Terminologi skizoafektif pertama kali diperkenal­kan oleh Jacob Kasanin pada 1933. Gangguan skizoafektif saat ini didiagnosis jika pada pasien terdapat satu dari beberapa kategori berikut ini: pasien skizofrenia yang memiliki gejala mood, pasien dengan gangguan mood yang memliki gejala skizofrenia, pasien dengan gangguan skizofrenia dan gangguan mood, pasien dengan gangguan yang merupakan kesinambungan antara skizofrenia dan gangguan mood, dan pasien dengan beberapa kombinasi kategori di atas. Prevalensinya di populasi umum seperti layaknya gangguan skizofrenia masih berkisar di bawah 1% dengan tenggang antara 0,5%-0,8%. Sampai saat ini, penyebab pasti gangguan skizoafektif belum diketahui. Tulisan ini akan membahas diagnosis dan tata laksana gangguan skizoafektif, baik secara psikofarmaka maupun psikoterapi.


      Ilustrasi Kasus:
      Pasien adalah seorang nona, usia 20 tahun, beragama Islam, suku Minang, pendidikan terakhir kelas 2 SMP, saat ini belum bekerja dan belum menikah. Tiga hari sebelum masuk perawatan, pasien mengamuk di rumah. Hal itu terjadi karena saat itu ada tetangganya, seorang nenek, yang meninggal dan malam itu arwahnya datang ke rumah pasien untuk meminta tolong kepada pasien. Pasien kemudian ketakutan karena menurut pasien muka nenek tersebut sangat seram. Pasien juga memecahkan piring-piring dan kaca di rumah. Pasien melakukan hal tersebut karena ada suara-suara yang menyuruh­nya melakukan hal tersebut.

      Tiga bulan sebelum masuk rumah sakit, pasien sudah mulai berjalan ke sana ke mari dan tidak mau diam. Pasien juga menjadi gampang tersinggung dan mudah marah. Saat kambuh dari sakitnya, pasien biasanya tidak bisa tidur sama sekali dan membangun­kan anggota keluarganya ketika tidur. Ayah pasien mengatakan bahwa sejak 3 bulan yang lalu pasien ini sudah tidak makan obat secara teratur, hanya kadang-kadang. Dua minggu sebelum masuk rumah sakit, pasien sudah berhenti minum obat sama sekali karen­a menurut pasien obat yang diberikan menyebabkannya sesak napas. Pasien mengata­kan bahwa dirinya sudah sembuh dan obat yang dimakannya menimbulkan rasa tidak enak di dada.

      Pasien mengatakan bahwa dirinya cantik dan mirip dengan bintang film serta bintang sinetron. Menurut pasien, banyak tetangganya yang suka samaa pasien sehingga membuat pasien pusing menghadapi mereka. Pasien juga mengatakan kalau dirinya dap­at melihat surga dan neraka lewat mata kanannya yang ajaib yang disebutnya sebagai mata Tuhan. Pasien mengatakan ia adalah orang yang pintar dan mengetahui banyak ilm­u pengetahuan. Pasien juga dapat membaca pikiran orang di saat orang itu dekat dengan dirinya.

      Demikianlah yang dapat saya share kepada Mas Gal. Semoga ada manfaatnya, dan Mas Gal bisa mengatasi dan bisa coping dengan penyakit yang menyerang kita ini.

      Wass.wr.wb.
      Arifal

      Hapus
    6. Mas Gal yang saya hormati, ini saya sambung lagi mengenai masalah pergaulan Mas Gal seperti yang Mas Gal tulis diatas.

      (interaksi sosial saya juga sangat buruk, saya susah berbaur, susah bersikap ramah,mudah membenci)(bagaimana cara menjaga interaksi dgn orang2 sekitar, krn saya selalu menarik diri dari keramaian dan selalu dibilang tidak mau bergaul, saya selalu dibilang kasar oleh orang2 terdekat): untuk menghadapi hal ini cobalah pertama membuat mood Mas Gal enak seperti yang saya sebut caranya di atas. Kemudian setelah mood enak, cobalah Mas Gal membuat diri Mas Gal mencintai semua manusia, semua makhluk Allah. Dengan mencintai semua manusia, membuat hati Mas Gal penuh kasih sayang menyayangi manusia, maka Mas Gal akan mudah berinteraksisosial, berbaur dan bersikap ramah serta jadi tidak membenci manusia. Jika mood kita enak dan kita menghadirkan hati yang menyayangi semua manusia maka ada saja inspirasi untuk ngobrol kepada orang sekitar atau timbul ide untuk mengerjakan hal-hal yang menyenangkan bersama keluarga atau orang-orang sekitar. Dengan mood yang enak dan hati menyanyangi manusia maka kita mudah tersenyum kepada orang-orang sekitar, sehingga orang-orang sekitar juga jadi menyukai kita.
      Ada hadits Rasulullah SAW yang mengatakan: cintai-lah yang ada di bumi, maka kau akan dicintai yang ada di langit.

      (rumah tangga saya hancur berantakan, lalu mencoba menjalin hubungan, dan lagi-lagi hancur berantakan karena saya pada saat2 tertentu ingin sendiri saja tanpa ada komunikasi (bisa 1 sampai dgn 3 hari):
      jika Mas gal tiba-tiba ingin sendiri, supaya sendirinya jangan terlalu lama, maka cobalah melaksanakan hobi Mas Gal, entah itu membaca, jalan-jalan, atau main game seperti yang saya lakukan. Insya Allah jika melakukan hobi yang Mas Gal sukai, mood Mas Gal segera enak lagi dan bisa berinteraksi dengan orang sekitar atau bisa menjalin hubungan lagi...

      Dan yang paling penting yang setiap detik/saat yang harus kita lakukan sebagai penderita penyakit skizofrenia adalah selalu berinteraksi dengan Allah. Baik dengan mengobrol/berkomunikasi dengan-Nya dalam hati dengan do'a, dzikir, menyeru Allah dengan Asmaul Husna, membaca terjemah/huruf Arab Al Qur'an atau ibadah lainnya. Allah lah Yang Menciptakan penyakit ini, maka hanya Allah-lah Yang dapat Menyembuhkan penyakit ini. Disamping itu jika kita selalu berinteraksi dengan Allah maka kita Insya Allah akan memperoleh pahala tiap detik/tiap saat, sehingga Insya Allah menjadi bekal kita memperoleh Surga yang dijanjikan Allah Tercinta...Surga dimana semua penyakit tidak ada...dan tempat dimana Allah Memberi kesenangan didalamnya sebesar 100 kali lipat dari kesenangan yang bisa dibayangkan manusia di dunia ini...Surga dimana Insya Allah, Allah Mengijinkan kita melihat Wajah-Nya yang merupakan keindahan tertinggi dari segala keindahan dan kesenangan...

      Demikian dulu Mas Gal...semoga bisa bermanfaat buat Mas Gal...

      wass.wr.wb.
      Arifal

      Hapus
  2. Sy mw tanya kpd bang arifal, sy bukan skizo sy mempunyai masalah dgn insomnia dan di berikan luften oleh pskiater, yg ingin sy tanyakan adakah efek jangka panjang yang dirasakan oleh bang arifal stlah menggunakan luften karena sy khawatir mengenai efekjangka panjangnya, dosis sy saat ini 4mg makasih bang ditunggu jawabannya

    BalasHapus
  3. sya mengalami gejala ngatif sizo dan tdk menemukan satupun apotik yang menjual risperidon

    BalasHapus
  4. makasih pak,saya bacanya ampe keluar air mata,ternyata saya tidak sndiri di bumi ini,tolong saya pak,,boleh saya minta no hp bpak,,bnyak pertanyaan diotak saya yg belum terjawab selama ini,,
    apa cuma orang yg lahir g

    BalasHapus
  5. apa cuma orang gemini yg seperti ini??

    BalasHapus
  6. mas< saya penderita skizo< saya mau tanya kenapa saya sulit tidur ?. kata dokter saya ada gangguan di hormon . adakah makalah tentang hormon melatonin. saran saya TETAP OPTIMIS. saya minum obat 10 tahun, sekarang saya diijinkan minum obat kalau tidak bisa tidur saja. lega mas. pagi dan siang tidak minum obat. sekedar info (ndak tau bener gak ) jangan minum clozaril kata dokter saya. terapi saya sosial psikologi dan obat. dalam kasus saya, obat berkurang sangat banyak. saya minum vit asam folat ( dr dokter ). saya bekerja di swasta dan memiliki keluarga. anak saya perempuan. oya. hidup harus berani, termasuk mencari dokter jiwa. dulu sayatakut pindah dokter. setelah putus asa, saya pindah dokter. saran saya coba secara nalar memilih dokter. dokter saya dulu hanya kasi obat, di ajak ngomong 2 menit aja gak bisa. dokter saya sekarang 1 bulan sekali meluangkan waktu untuk saya, sebagai bentuk terapi psikologi dan dokter saya open. bagi penderita skizo, tetaplah optimis>>>>>> sebagia terapi psiko, saya di sarankan menulikan unek unek di diare termasuk di blog ini. bagi penderita baru, jangan menyerah.........,

    BalasHapus
  7. oya, ke dokter jiwa yah, GAK USAH COBA LAIN LAIN, gak usah ke hipnoterapi, saya udah coba gak bisa, ke orang pintar juga udah pernah. ke dokter jiwa yang baik yah, doa ke TUHAN minta dokter yang kompeten dan baik hati. INTInya 3 terapi bagi saya. Terapi Psikologi. Terapi Sosial Terapi Obat / Biologis. dan secara pribadi terapi secara holistik ke Tuhan Pencipta Semesta Alam. 8 tahun berjalan mas , baru saya berani pindah dokter. setelah ke dokter ini, saya mengalami kemajuan pesat. Sampai Sekarang saya ke Dokter SPKJ. saat awal berat, amat berat sekali. tetapi sekarang udah biasa, malah ingin jadi doker jiwa ma.hehehehe

    BalasHapus
  8. dear all,
    saya juga penderita skizo, mungkin diantara teman2 yang ada atau mengalami hal yang sama bisa saling mengatasi penyakit ini bersama2, kita bisa saling berbagi dalam menghadapi penyakit ini. yang bisa meringankan gejala2 yang timbul. mungkin juga kita bersama2 bisa kopi darat berbagai tips dari teman2 dalam menghadapi penyakit ini.

    BalasHapus
  9. Asallamualaikum.

    Terima kasih banyak mas Arifal atas tulisannya.
    Saya pengidap skizoprenia dan masalah saya sekarang adalah saya sulit untuk menggapai masa dpn saya, karena penyakit ini jdi seperti penghambat buat saya maju ke depan.

    Usia saya sekarang 28 tahun.
    Pertama kali saya skizoprenia pada thn 2001 umur saya saat itu 16 thn.
    Saya langsung di rawat di rs pada saat itu dan sembuh dalam kurun waktu 2 minggu.
    Penyakit saya selalu kambuh setiap tahun sampai sekarang tpi saya langsung konsultasi ke dokter kalau sudah kambuh dan hanya di tambah dosis obatnya tidak sampai di rawat di rs.

    Baru pada tahun 2006 kondisi saya kembali parah dan harus di rawat lagi dan setahun kemudian pd 2007 saya jga harus kembali di rawat. Alhamdulillah Saya di rawat paling lama hanya 1 bulan dan sehat kembali. Hingga pd saat ini semenjak thn 2007 saya hanya konsultasi k dokter tiap tahunnya, ketika kondisi saya mulai tidak enak.

    Alhamdulillah walaupun dengan kondisi penyakit ini, saya bisa sekolah sampai lulus sarjana. Walaupun ketika SMA sempat pindah2 di berbagai sekolah dan terlambat masuk kuliah.

    Obat yg saya minum saat ini adalah tegretol 200mg dan luften 25mg setiap hari-nya, pagi dan malam masing2 setengah.
    Ketika kambuh dosisnya dinaikan sampai 3 x lipat dan konsul k dokter spkj langganan saya. Biasanya kambuh 1 kali dalam setahun.

    Saya bingung knp saya selalu kambuh setiap tahunnya? Ternyata saya kurang dekat dengan agama, hanya sebatas menjalankan kewajibannya saja seperti shalat.
    Tapi yg jdi masalah setiap saya mulai membenahi diri saya. Mood saya selalu naik turun, dan ketika turun bisa sangat lama sampai 3-6 bulan, dan ketika mood saya sedang naik suka berlebihan dan hanya bertahan 1-2 bulan.

    Masalah kehidupan saya sekarang ini adalah saya tidak berpenghasilan dan menganggur sudah cukup lama sekitar 2 tahun. setiap bekerja selalu kondisi saya kadang tidak stabil, walaupun bisa menjalankan tugas2 yg diberikan oleh perusahaan. sedangkan saya ingin menikahi pasangan saya, yang alhamdulillah telah menerima saya apa adanya dan tau tentang penyakit saya. Setiap ada pekerjaan datang saya selalu pesimistis. Bagaimana ketika saya tinggal di luar kota, jauh dri orang tua dan keluarga saya, bagaimana bila penyakit saya kambuh ketika saya bekerja dan tinggal sendiri di luar kota, apakah dunia kerja bisa menerima saya, dan bagaimana saya dapat menghadapi tekanan dalam duna kerja? karena saya merupakan orang yang luar biasa dimanja semenjak kecil dan tidak pernah jauh dri org tua. Di satu sisi, saya sudah jenuh dengan keadaan hidup saya, dan saya sangat ingin sekali hidup MANDIRI. Saya ingin sekali mengatasi mood, semangat, dan motivasi saya yang tidak stabil selalu naik turun. Dan ingin sekali tidak kambuh setiap tahunnya.

    Terima kasih sebelumnya.
    Salam,

    Dody

    BalasHapus
  10. saya terharu sekali membaca pengalaman mas arifal ini, maaf saya ingin menanyakan apa ciri-ciri jika schizonya kambuh ? terima kasih.

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. untuk mas dody dan teman2 lainnya , penyakit schizo yang anda alami seperti apa ? atau jika itu sedang kambuh ciri2nya bagaimana ? terima kasih atas penjelasannya karena penjelasan ini sangat penting bagi saya.

    BalasHapus
  13. skizo bsa smbuh total. dlu wktu kls 2 SMA sya mndrita skizoafektif dan Depresi dengan gjala psikotik, slma 1 bln lbh.. d bwa k psikiater 2 kali dan mmnum obat x scara tratur tp sya lupa nma obatnya. jga d urut k ahli syaraf yg brhsil mmbuat sya mngantuk yg mna tak prnh sya rsakan slma 3 minggu. stelah itu sya trsugesti bsa smbuh dan brjuang mrubah pola fkir dan mlawan bsikan2 negatif. dan alhmdulillah hngga (24thn) kni ga kmbuh lg.
    skizo wktu itu awalnya d picu kkhawatiran yg brlbih trhdap kluarga dan skolah, hngga kkhawatiran itu mnjdi nyata dlm bntuk halusinasi. stlah itu sya bnr2 jtuh skit dan msuk k dunia aneh yg sya ciptakn sndiri, terjbak dlm delusi. peran org trdkat sgt penting dlm pnyembuhan sya. jg mndkatkan dri pda Allah SWT yg mha kuasa pmilik hati dan jiwa ini tuk mncegah hal itu agar tak trjadi lg. pasti sembuh.. pasti sembuh.. kita hrs bnr2 yakin. -agus-

    BalasHapus
  14. Salam kenal semuanya sudah 1bln ini bapak saya sering dihantui sama halusinasi audio dan visual selalu cemas dan lebih banyak mengurung diri di kamar. Keseharian bapak saya wiraswasta yang lebih banyak waktunya habis sendirian di loteng rumah. Sudah 1bln ini bapak saya sering cemas dan selalu ada halusinasi pendengaran dan penglihatan. Karena keluarga kami awam akan kedokteran akhirnya kami bawa ke orang pintar bukan dukun sih setelah itu mulai ada tanda2 tak cemas lagi walaupun masih ada halusinasi pendengaran. Kemarin sabtu dapat kabar duka nenek meninggal di cirebon kami pun sekeluarga berangkat ke cirebon. Dan kami sekeluarga memutuskan bapak tinggal di cirebon. Nah hari minggu kami mau pulang ke bandung bapak sudah mulai membaik komunikasi dan bahkan tertawa bercanda. Tapi pas malam mulai lagi bapak tidak mau ikut kumpul saat tahlilal dan besoknya bapak pun kambuh lagi. Saya mau tanya apakah bapak saya terkena positif Skizofrenia paranoid? Makasih sebelumnya

    BalasHapus
  15. Mas Arifal, saya bisa minta no Hp nya, mohon di maasage saja ke 02133669322.Saya perlu sharing secara personal. Jazakallah. Terimakasih. Nur Kholis

    BalasHapus
  16. saya mariana,,tks buat sharing nya diatas,, saya juga didiagnosa oleh dokter schizhoprenia,, dokter mendiagnosa saya di tahun 2011,,di tahun 2011 saya dibawa berobat ke dukun2,, bukannya malah sembuh tapi makin parah,, sy tidak bisa beraktivitas selama 1/2 tahun,, Namun puji TUhan di tahun 2012 orang tua saya membawa saya berobat ke dokter jiwa (Psikiater) dan dokter memberi saya obat antidepresan, sehingga lambat laun saya bisa pulih kembali,,dan Puji TUhan saya bisa beraktivitas kembali di awal ahun 2012,,Adapun obat antidepresan yang diberikan kepada saya adalah abilify 10 mg, depakote 250 mg, dan amiptryptyline 25 mg,,Obat itu semua saya minum di malam hari dan saya konsumsinya sudah 2 tahun sampai sekarang,, Tapi akhir2 ini dokter menyarankan kepada saya untuk mengganti obat abilify dengan risperidone,,karena obat abilify nya mahal,,dan saya tidak sanggup untuk membelinya..Yang mau saya tanyakan apakah obat risperidone ini bagus y mas arifal untuk dikonsumsi? DOkter sudah menyuruh saya untuk mengganti obat abilify nya dengan risperidone,,namun saya khawatir obat ini tidak cocok dengan saya...karena ada juga saya baca di internet obat ini membuat kita kurang berkonsentrasi,,apakah hal itu benar ya mas ? mohon penjelasannya,,karena saya melihat mas arifal sudah cukup lama mengkonsumsi obat2an ,,sehingga kurang lebih sudah tahu, bagaimana obat bekerja? makasi

    BalasHapus
  17. Asallamualaikum mas afrizal, skizoprenia yg saya alami adalah saya kembali mengalami ilusi, delusi, bisikan, dan terkadang meyakini hal yg tdk nyata seakan2 saya org hebat. Masa lalu kembali menghantui saya dan merasa takut sekali akan masa dpn. Bicara tdk teratur, semangat berlebih se akan2 saya sudah berhasil menggapai mimpi2 saya. Rencana dan planning hidup, serta emosi tidak konsisten dan beraturan. Yg pada akhirnya Jiwa saya seperti ingin berontak kembali seperti pertama kali kambuh, saya seperti mengendalikan singa dalam diri saya. Sempat hampir ingin hilang kesadaran berkali2 ketika sedang berada di luar rmh/di jalan tetapi saya selalu berusaha untuk melawannya.

    Salam, dody

    BalasHapus
  18. asallamualaikum mas saya juga kena skizofrenia, di awal tahun 2012 waktu kelas 3 smk, saat itu ujian akhir prakter tkj, saya sudah mulai kurang waras, karena malam sebelum ujian saya begadang dan subuh nya saya jalan ke stadion deket rumah, lalu ujian pun di mulai. dari pukul 7 pagi - 12 siang. saat itu saya sudah usaha dan ternyata saya gagal ujian nya tinggal tahap akhir. karena saya merasa tertekan karena gagal besok besok nya saya mulai teriak teriak dan gak bisa tidur malam nya. saya sempat juga benturkan kepala saya ke lantai sekeras2 nya lalu nendang pintu. saat waktu keluar rumah saya hilang kesadaran sampe teriak teriak dan ngomong gak jelas. tapi saya masih ingat apa yang saya liat, hanya tindakan saya yg tdk terkontrol, besok nya saya liat kesalahan kesalahan saya seperti nonton vidio, di situ saya sudah hilang kesadaran, bisikan bisikan gak jelas terus muncul di kepala saya. akhirnya saya masuk rumah sakit jiwa selama 10 hari, saya sekarang masih minun obat risperidone 2mg. tapi sampe sekarang saya belum pernah kambuh, mungkin karena saya gak ada kerjaan dan gak kuliah. mungkin kalau saya kuliah bisa kambuh. ayo sama sama semangat yang kena sakit skizofrenia. terima kasih.

    salam, abdurrahman azzam

    BalasHapus
  19. Asalamuaalaikum mas afrizal boleh minta no hpnya ? Saya mau konsultasi n berbagi p.engalaman ttg penyakit szicofrenia . 083840481863
    Aris jogja mas di sms ke no hp saya nggih ... trimakasih banyak
    Wasalam wr wb

    BalasHapus
  20. Mas arifal minta no hpnya iya, soalnya kakak saya terkena skizofrenia,saya ingin kakak saya sembuh total seperti orang lain, saya ingin share kpd mas arifal... ini no hp saya,di sms 083840481863 iya trimakasih

    BalasHapus
  21. Mas arifal.. dokter untuk skizofrenia paranoid dimana dan dokter siapa? Untuk daerah jakarta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jakarta barat, daerah di gang macan,dekat indosiar, dokter hamid,

      Hapus
  22. Mas Arifal,sy seorang istri,selama 4 tahun menikah dan blm mmpunyai anak,suami dan mertua sy baru menjelaskan kalau suami terkena skyzo sejak sblm menikah,pdhl slama ini sy slalu brtanya knp suami suka bicara sndiri dan kdg sikapnya brmusuhan dgn saya,sekarang sy yg merasa stres apa yg harus saya lakukan,berfikir u bercerai karena merasa dibohongi dan merasa takut dgn masa depan pernikahan saya tapi kasihan dengan suami,mohon sarannya

    BalasHapus
  23. Ini email saya : rena_nichiyu@yahoo.com

    Terima kasih

    BalasHapus
  24. mau berhenti obat , tinggal minta dokternya aja.
    kalau dokter setuju, tinggal dibuatkan resepnya. itu anda dikunci dengan narkotik kedokteran.
    bagaimanapunjuga dokter lebih pintar!!!!

    BalasHapus
  25. kalau anda memaksa berhenti minum obat sendiri, hasilnya akan tambah parah, karena akan blow up ..... dan itu salah anda sendiri. bagaimanapun juga dokter lebih pintar!!!!

    BalasHapus
  26. Saya mau minta sarannya, saya baru menikah sekitar 1 bulan. Setelah dua minggu barulah saya tahu kalau suami saya adlh penderita skzisofrenia. Kebetulan setelah dua minggu menikah suami saya masuk rumah sakit. Saya heran karena selama ini di tidak memiliki tanda2 memiliki kelainan jiwa. Dia seperti orang normal. Karna waktu pacaran yg singkat dan pihak keluarganya juga menutupi penyakitnya trsebut. Saya bingung harus bagaimana. Saya cuma tahu gejala yg pas adalah dia memiliki keinginan trlalu tinggi sehingga jika tidak terlaksana emosinya tinggi sekali. Tapi hanya kata2 saja tidak sampai mukul atau mecahin barang2. Kedua sebelum menikah memang selalu mengeluh susah tidur tapi saya pikir hanya masalah susah tidur biasa.
    Akhirnya air mata saya jatuh setelah saya konsultasi ke dokter mengenai penyakiy suami saya. Ini dia masuk yang ketiga kalinya 2014,2015,2016. Rata2 dirawat 1 bulan.
    Saya juga tahu bahwa ternyata dia menghentikan meminum obatnya selama 6 bulan ini.
    Saya bingung gimana harus menghadapinya, haruskah saya bercerai dengan suami saya karna saya takut penyakitnya menurun ke anak saya kelak.

    BalasHapus
  27. Malam..
    Saya remaja umur 16 masuk 17. Dari sd smpai smp saya anak yg cukup aktif,dan selalu mndpt juara kelas (bkn msuk memamerkan) tpi d suatu waktu saya selalu ingin sendiri. Ga tau knp, lbih nyaman aja. Memasuki smp kls 3 saya mulai suka nulis, kebiasaan menyendiri saya pun jdi lebih sering dilakukan smbil membaca novel dan menulis karangan. Nilai akademis saya mulai merosot, tpi tdk dgn non akademis karna saya bbrapa kali mngikuti prlombaan mnulis, mskipun tdk slalu menang. Saya smkin sering mengurung diri di kamar brsama lagu2, novel, dan laptop.

    Di keluarga dulu saya sgt dekat dgn kaka, tpi smnjk menikah ia tdk lgi dekat dgn saya krna sudah ada pasangan dan anaknya.

    Suatu hari saya mnonton drama korea yg mncritakan lelaki pengidap skizof, dia seorang penulis. Pokonya saya suka dramanya. Judulnya "it's ok that's love" .

    Saya sangat menikmati film itu.

    Saya tdk mnyadari klw sbnrnya apa yg s tokoh dlm drama tsrbut rasakan/ lakukan, hampir sama persis dgn saya. Salah satunya adalah halusinasi dmn s tokoh menganggap bahwa seseorang (bernama kang woo) ada, pdhl dia hanya halusinasi.

    Saya jdi sering bingung dan kdang suka nangis sndiri, entah knp.

    Saya selalu tak ingin percaya pada siapapun, kecuali pada diri saya, Tuhan, dan tokoh2 karangan ciptaan saya d laptop. Mgkn trdengar aneh, tpi saya mnikmatinya.

    Saya bingung harus cerita k siapa, mgkn kaka bisa membantu saya. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hampir mirip yang saya alami, saya menciptakan kehidupan sendiri yang saya sukai tapi kadang kadang saya sadar. Saya tidak bisa berdamai dengan masa kecil dan masa lalu saya. Ini yang membuat saya semakin sedih kecewa marah tapi kadang kadang sangat gembira. Alhamdulillah saya mendapatkan dukungan yang positif.

      Hapus
  28. sudah tidak aktifkah blog ini?

    BalasHapus
  29. BERITA BAIK BERITA BAIK

    Saya adalah wanita saya, Mirabe Daniels adalah kreditur yang sah dan dapat diandalkan.
    Dengan syarat dan ketentuan yang jelas dan mudah dimengerti dengan suku bunga 2%. dari
    Hanya $ 1.000 - $ 1000 USD, Euro dan Pound. Saya memberikannya kepada pengusaha
    Kredit pribadi,
    Pinjaman siswa,
    Kredit Transportasi
    Pinjaman Bisnis.

    hubungi saya langsung untuk informasi lebih lanjut.
    Email: mirabeldanielloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  31. Aku bingung sebenarnya aku penyakit jiwa ku itu apa? Awalnya aku di diagnosa episode depresif berat. Kalau nggak salah obatnya itu alpazolam, trihexypenidyl, trus nopres.. Trus aku rutin makan obat itu dan sakit jiwa depresi ku itu hilang. Tapi anehnya aku jadi seperti depresif manik dan up and down gitu. Padahal aslinya aku itu dari kecil depresi doank. Artinya hanya merasakan sedih dan sakit secara terus menerus di dalam dada. Terus aku di diperiksa lagi katanya aku bipolar disorder tipe 2. Udah ku searching bipolar tipe 2 itu adalah tipe bipolar yang paling ringan. Jadi naik turun mood itu nggak terlalu tinggi dan intensitasnya itu tidak terlalu sering bahkan jarang. Tapi yang anehnya setelah makan obat bipolar itu saya jadi punya delusi atau waham yang aneh terhadap alam sekitar. Saya suka berbicara dengan pohon. Dan saya mem presepsikan bahasa pohon itu sendiri di pikiran saya seperti kalau dia melambai berarti dia senang dan setuju dengan apa yang saya katakan lalu kalau daunnya diam berarti dia tidak setuju atau sedang terjadi hal buruk dengan orang yang saya pikirkan. Jadi saya gila memikirkan itu. Tapi yang paling buruknya menurut saya. Saya merasa seperti didukun2i oleh kakak ipar saya. Saya takut sekali pada hujan, guntur, petir, yang seakan menakut2i saya dan membuat jiwa saya tertekan. Sampai2 saya kalau tidur dan ada petir, saya menutup telinga saya dengan kedua bantal. Terus saya senang sekali ketika melamun sinar matahari mencerah dan saya tidak suka kalau meredup. Di pikiran saya kalau menerang artinya orang yang saya pikirkan dalam keadaan baik. Dan sebaliknya kalau meredup saya berpikir kalau orang yang saya pikirkan dalam keadaan kurang atau tidak baik. Terus setelah saya berhenti makan obat bipolar itu. Saya jadi ketawa2 sendiri. Dan saya berkhayal yang tidak2. Dikasih obat bipolar sembuh. Setelah baikan, saya berhenti. Dan tiba2 saya jadi kelainan mental yang beda lagi. Saya menangis dan marah dengan kondisi saya. Dan menganggap semua manusia itu jahat. Dan tega membiarkan saya seperti ini padahal kondisinya memungkinkan membantu saya. Alhasil saya tetap didiagnosa bipolar tipe dua di dokumen BPJS. Namun di dokumen pra diagnosa dokter di RSJ itu saya didiagnosa paranoid skizofrenia. Dan setelah saya searching obat yang terakhir ini seperti campuran bipolar dan skizofrenia. Untuk lebih jelasnya ini adalah daftar obat yang pernah saya makan

    1. Awal atau Depresi atau Depresi Kategori Berat
    Obatnya: THP, fluoxetine, nopres, alpazolam

    2. Bipolar
    Obatnya: Risperidone dan Chlozapine

    3. Bipolar tapi semi skizofrenia
    Obatnya: THP, Risperidone, Chlozapine, Chlorilex, Lodomer, Hexymer

    Jadi menurut Anda, saya sebenarnya sakit jiwa apa? Apa bisa sakit jiwa itu berubah-ubah? Apa itu faktor neuron dan obat itu kurang cocok jadi menciptakan sakit jiwa yang baru? Atau senyawa kimia otak saya semakin tidak seimbang? Mohon penjelasannya.

    BalasHapus